Minggu, 17 Februari 2013

Time Management for Mommy




Waktu dulu kuliah dan pacaran, sama sekali tidak terbayang seperti apa sih rasanya jadi ibu..
Setelah menikah.. waktu masih berdua sih sama kayak pacaran dulu, bedanya pulang ke rumahnya bareng.. Ga mikir suami tercinta kemalaman di jalan.. Lalu mendapat anugrah putri-putri cantik penyejuk hati.. adeeeem banget rasanya… tapi sayangnya nggak ada sekolah buat jadi orang tua yaaa..


Saya benar-benar tenggelam dalam kesibukan berumah tangga. Belanja harian, bulanan, beres-beres rumah, mencuci, setrika, memasak, menyapu, bersih2 halaman, menyuapi anak-anak, bermain, membacakan cerita, mengajari mereka, menemani nonton TV..  saat anak-anak tidur malam sering kali saya juga tertidur, karena kelelahan.. sementara pekerjaan rumah belum selesai… yups.. saya benar-benar tenggelam dan menjadi anti social alias ga sempet gaul...

Karena saya memang ga bisa diam, pengen banget cari tambahan .. Lalu bergabunglah saya dengan oriflame ini.. Banyak gaya nih, wong kerjaan rumah aja ga kelar-kelar nyari kerjaan lain. Jadilah saya menjalankan oriflame setengah setengah..  Anak sakit..  oriflame mandeg… setrikaan segunung, lupa follow up… Mertua di rumah sakit, ga jadi update blog… adaaaaa aja…

Banyak yang bilang, time management is the key… atur dong jam-nya.. Tapi  ga ada yang memberikan clue, harus seperti apa sih.. Tiap hari malah jadi frustasi, rumah “berantakan” , oriflame ga berjalan mulusss… hffttt…


Eh, ketemu nih sama www.flylady.net .. emang sih dia ini buat para mommies di amrik sono… tapi bukan berarti ga bisa diterapkan kan?


Jadi yang pertama saya lakukan adalah membuat morning routine,dan before bed time routine..

Morning routine yang saya lakukan adalah bangun pagi, mandi, subuh, dan dandan (iya.. dandan seperti mau pergi.. baju yang rapi, pakai bedak, lipstick.) memasukkan cucian ke mesin cuci Lalu dengan bulu ayam mulai membersihkan debu2 di atas tv, meja .. dan menyapu.  Memasak air buat  mandi, bikin kopi, teh, sarapan .. baru deh bangunin anak-anak…

Buat apa sih dandan, di rumah enakan dasteran bukan? cobain deh.. yang pasti rasa percaya diri lebih.. Kalau tiba-tiba ada tamu datang, saya ga tergopoh-gopoh masuk kamar ganti baju dulu.. Saat memulai bekerja, saya lebih percaya diri saat menelepon orang. Saya lebih fokus saat mengerjakan Follow up atau update blog.. Yang pasti saat melewati cermin, saya ga melihat ada mbok mbok jalan wkwkwk...

Before bed time routine adalah menyiapkan baju yang akan dipakai besok.. Buat saya dan anak-anak terutama.. si papa mah, siapin sendiri.. hehehe.. Mengumpulkan pada satu tempat barang-barang yang akan dibawa besok pagi.. seperti botol minum, tempat makan, obat-obatan, tas sekolah.. Membereskan cucian piring… Tempat cuci piring harus kinclong deh.. Kalau masih ada tenaga, saya akan mengepel dulu..  Besok saat si bayi mau merangkak kesana kemari, rumahnya sudah bersih..

Asyiknya di flylady.com itu, setiap hari ada instruksi untuk membersihkan satu bagian rumah.. iya hanya satu.. Misalnya minggu ini temanya dapur.. Minggu depan ruang tidur utama.. Jadi saya ga berambisi membersihkan seluruh rumah dalam satu hari..

Baby step berikutnya adalah membuat waktu untuk bekerja di rumah. Tetap yaaaa, ini diselingi gangguan krucil krucil hehehe... 

Sejak membuat baby step.. hidup saya berubah.. saya menjadi lebih teratur.. saya punya waktu untuk mengerjakan ini itu, termasuk oriflame-an..  Coba deh..

Mau ngobrol banyak sama saya?
sms/WA: 087888444341
PIN 215F0789

Tidak ada komentar:

Posting Komentar